Tuesday, February 19, 2013

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan


Khasiat CengkehCengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah tanaman asli Indonesia dan memiliki beragam manfaat, tidak hanya sebagai penyedap rasa makanan; juga terkenal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di negara Eropa, cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas, sedangkan di Indonesia selain terkenal dapat mengobati beragam penyakit, cengkeh juga dipakai sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. 

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi Infeksi Pernafasan
Menurut profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City; Neil Schachter, MD: Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran. yaitu dapat mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan. Teh yang mengandung cengkeh dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan.

2. Mengobati sakit gigi.
Bagian cengkeh yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bunga cengkih. Cara pemanfaatannya adalah, sangrai 5 sampai 10 butir bunga cengkih lalu ditumbuk hingga halus. Bubuk cengkeh yang dihasilkan kemudian ditaburkan di bagian gigi yang sakit.

3. Mengatasi noda jerawat
Menurut Cornelia Zicu (staf Elizabeth Arden Red Door Spas), kandungan senyawa Euganol (dikenal sebagai antiseptik alami untuk menyeimbangkan kulit) yang dikandung cengkeh dapat dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.

4. Pembersih Kuman alternatif
Senyawa Euganol atau antiseptik alami pada cengkeh bermanfaat untuk menjaga kebersihan barang-barang anda. Minyak cengkeh dapat mengurangi bakteri atau jamur yang ada pada perabotan rumah tangga dan mencegah kuman datang kembali. Caranya yaitu dengan mencampur 1/2 sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air kemudian semprotkan ke tempat-tempat yang rentan terpapar bakteri atau kuman, misalnya dinding kamar mandi.

5. Pewangi alami pakaian Aroma cengkeh yang pedas secara alami akan menutupi bau tak sedap, selain itu dapat menjaga kesegaran barang-barang anda. Salah satu contoh pemanfaatan nya adalah untuk pewangi dan penyegar pada pakaian anda. Caranya: simpanlah beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian Anda dan ganti setiap 2-4 minggu sekali, agar aroma segar tetap terjaga

Read More......

Sunday, February 3, 2013

Khasiat Daun Binahong


Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Bagi KesehatanTanaman Binahong atau Gondola adalah termasuk tanaman merambat. Hampir semua bagian dari tumbuhan binahong ini bermanfaat bagi manusia, baik daun, batang maupun umbinya bisa dipakai untuk terapi herbal. Saat ini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tumbuhan ini akan berkembang sangat baik pada lingkungan yang dingin dan lembab.
Bagi masyarakat Indonesia, tumbuhan ini sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain: luka sehabis operasi, typus, maag, obat radang usus serta ambeien. Serta dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, mengembalikan kondisi tubuh yang lemah setelah sakit, rematik, luka memar pukul, sakit asam urat dan mencegah stroke.


Tanaman Binahong atau Gondola ini biasa digunakan untuk berbagai macam penyembuhan luka, baik luka dalam maupun luka luar; selain itu bagi kaum adam, daun binahong diyakini dapat meningkatkan vitalitas. 
  • Untuk pemakaian dalam/ di minum, daun binahong diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit berikut: maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang serta menyembuhkan luka setelah operasi. 

  • Untuk pemakaian luar/di oleskan, daun dan batang binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit berikut: memar akibat pukulan, terkena panas api, rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit. 

  • Umbi dari tumbuhan ini, diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, lever, kencing manis, ginjal dan radang usus 

  • Manfaat dan khasiat batang binahong untuk lemah syahwat adalah dengan cara: ambil getahnya kemudian oleskan pada batang penis, biarkan beberapa saat, nah anda siap melakukan tugas dengan istri. Cara lainnya: batang digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu.

Read More......

Blogger template 'YellowFlower' by Ourblogtemplates.com 2008